Hardiknas 2021, DPR Komisi X: Guru Harus Sejahtera

Hardiknas 2021, DPR Komisi X: Guru Harus Sejahtera

Jakarta - Setiap tanggal 2 Mei di peringati sebagai hari Pendidikan Nasional, tentunya bangsa Indonesia ini tidak asing dengan seremonial ucapan mengenai hari Pendidikan Nasional, yang seharusnya bukan hanya dijadikan ceremony belaka. Hal ini melatarbelakangi webinar “Menakar Nilai Raport Nadiem Makarim” yang diinisiasi oleh Pegiat Pendidikan Indonesia  (PUNDI) Minggu, (2/5/2021).

Menghadrikan Dede Yusuf Macan Effendi Wakil Ketua DPR Komisi X sebagai Keynote Speach. Selain itu menghadirkan berbagai Ketua Organiasasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) diantaranya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), HMI MPO, KAMMI, dan PMKRI.

Dalam webinar tersebut, Dede Yusuf enggan menyatakan sikap ataupun memberikan nilai raport terhadap Nadiem Nakarim, hanya saja Anggota Dewan yang tercatat mantan aktor laga ini memberikan gambaran bahwasanya seorang Nadiem harus ada pendamping dalam menjalankan amanah yang memiliki tanggung jawab besar. Bukan hanya mengenai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan tetapi juga Kementerian Riset dan Teknologi.

Peserta webinar atas nama Shopyan Jepri Kurniawan salah satu pendidik dan Pimpinan Cabang IMM Sukoharjo melontarkan pertanyaan kepada Kang Dede Yusuf. “Kenapa jika Mas Menteri tidak mampu menjalankan kepemimpinannya hal ini masih dipertahkan? padahal kita semua tahu bahwasanya sudah banyak para ahli, dan pakar memberikan raport merah kepada Mas Menteri ? sedangkan dunia pendidikan bukan hanya berkaitan dengan tantangan industri tapi ada landasan filofosi dan lain-lain, “ ujar Shopyan.

Selanjutnya Shopyan menyampaikan pertanyaan kepada Dede Yusuf berkaitan dengan isu pendidikan, sering kali kita mengeluh pada hasil akan tetapi tidak pernah mempedulikan dari profesi seorang guru yang menjadi penggerak pendidikan itu sendiri, padahal tentu ini ada korelasinya, bagaimana pendidikan maju apabila kesejahteraan guru saja tidak pernah dipedulikan?.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Dede Yusuf mengatakan bahwa tidak tahu alasan yang pasti mengapa Jokowi memilih dan masih mempertahakan Nadiem, bahkan sekarang dibebankan dengan gerbong besar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Nadiem harusnya berkolaborasi dengan berbagai bidang, karena menjalankan kepemimpinan di Kemendikbud dan sekarang ditambah dengan Ristek tidak hanya berjalan dengan gagasan saja, hal ini tidak akan mudah, untuk merubah kultur dan sistem yang ada bersama-sama tidak berjalan sendiri, “ ungkap Wakil Ketua Komisi X DPR tersebut.

Dia sepakat bahwa persoalan kesejahteraan guru, harus menjadi titik fokus kemendikbud, serta tidak lupa memprioritaskan kesejahteraan guru.

"Jadikan guru sebagai pekerjaan berdaulat dan terhormat. Jadikan sekolah tempat pendidikan yang tidak mahal dan menyenangkan, " ujarnya.

Pendidikan akan maju ketika kesejahteran guru hononer, guru SM3T dipedulikan sesama oleh Kemendikbud. Alokasikan anggaran untuk mereka juga. Tidak akan ada orang hebat tanpa jasa guru.

Pegiat Pendidikan Indonesia Dede Yusuf
Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Previous Article

Bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana,...

Next Article

Pangdam Hasanuddin Lakukan Kunker di Kodim...

Related Posts

Peringkat

Profle

Siswandi

Junaidi

Junaidi

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 115

Registered: Jan 24, 2021

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 184

Registered: Jan 23, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 112

Registered: Feb 4, 2021

Satria Ferry Sonarya

Satria Ferry Sonarya

Postingan Bulan ini: 10

Postingan Tahun ini: 1109

Registered: Feb 10, 2021

Profle

Junaidi

MK Mengeluarkan Pemberitahuan Sidang Mengadili Perkara PSU Pilkada Kabupaten Labuhanbatu 2020
Ada Apa Dengan Bawaslu? Dokumen Resmi Beredar Di Medsos Baru 2 Menit Diterima Kuasa Hukum ASRI
Polemik Atas SK KPUD Labuhanbatu Tentang Paslon Terpilih Tahun 2020, DPP LSM CIFOR Akan Sikapi Sesuai UU
Tim Pemenangan Nomor Urut 3 ASRI Desak Ketua DPRD Labuhanbatu Menunda Hasil Penetapan KPU

Follow Us

Recommended Posts

Hari Kearsipan ke-50 Tahun Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital
Pangdam Hasanuddin Serahkan Kendaraan Dinas Bantuan Kasad
Gakkum KLHK dan Dinas Kehutanan Tindak Pengolahan Kayu Tanpa Izin di Sulbar
Buntut Pengeboman Ikan, Kades Bungaiya Sambangi Polsek Bontomate’ne
Ketua KSPN DPD Bima Minta Pemda Berikan THR pada Karyawan